Profesi IT

Pada tugas softskill saya kali ini ,saya akan membahas tentang salah satu profesi dibidang IT(Information Technology) yaitu IT Manager.

IT Manager memiliki tugas antara lain :
- Mengatur kelancaran dari sistem IT, troubleshooting
- Membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT, dan sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.



IT Manager dapat diibaratkan dengan seseorang yang mempunyai banyak topi. Berbagai bagian dari organisasi akan punya harapan yang berbeda terhadap Anda, dan Anda harus mampu untuk memenuhi harapan tersebut. Bagian finance berharap Anda mampu menangani urusan keuangan; Sales dan Marketing ingin melihat kepiawaian Anda dalam membantu perolehan revenue perusahaan; staf Anda butuh bimbingan dan pengembangan karir; sementara staf administrasi berharap printer andalannya tidak ngadat jika digunakan untuk menyelesaikan tugasnya.

Jadi apa yang harus dilakukan oleh IT Manager?
Seorang IT Manager dewasa ini memiliki peran yang berbeda dengan 10-20 tahun lalu yang utamanya hanya mengurusi glass house (data center). Tanggung jawab IT Manager kini meliputi data center, telekomunikasi, mengurus staf IT, website, user support, disaster recovery, compliance hingga user support.
Ini merupakan berita baik sekaligus berita buruk. Pada beberapa perusahaan, IT Manager akan berperan langsung dan berpartisipasi dalam menentukan perencanaan strategis perusahaan. Pada perusahaan lainnya peran IT Manager lebih terlihat sebagai teknisi IT, pengembang software atau network engineer. Yang membuat runyam, peran ini bisa berubah dengan cepatnya. Kemaren berperan sebagai network engineer, hari ini dituntut untuk menjadi konsultan e-commerce.

Mengapa semua perubahan dan fleksibilitas itu berita baik?
Posisi IT Manager bolehlah disebut sebagai sangat menantang karena amat bervariasi dalam ruang lingkup tanggungjawabnya. Sebagai IT Manager, Anda dapat masuk hampir ke semua lini manajemen organisasi sehingga peluang untuk berinteraksi dengan jajaran manajemen dan user terbuka lebar. Dengan demikian Anda memiliki kesempatan yang bagus untuk mengembangkan potensi diri, skill dan jaringan sosial.
Bagusnya, sejak beberapa tahun terakhir ini teknologi informasi telah memiliki peran strategis dalam perusahaan. Perusahaan yang maju akan sangat tergantung kepada infratsruktur It dan aplikasinya. Itu adalah berita bagusnya.

Mengapa semua perubahan dan fleksibilitas itu berita buruk?
Namun demikian Anda perlu menyadari bahwa menjadi IT Manager itu tidaklah mudah serta kurang dihargai orang. Persis ibarat teknisi PLN yang ketika listrik menyala normal tidak ada yang berteraima kasih. Namun ketika listrik padam menjadi sasaran caci maki.
Disamping itu peran IT Manager sangat bervariasi anatara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Berbeda dengan tugas Sales Manager yang diharapkan untuk menjual sebanyak mungkin, peran seorang IT Manager agak sulit digeneralisir.
Peranan IT Manager dalam memenuhi kebutuhan berbagai pihak (jajaran manajemen, user atau stafnya) seringkali membuat seorang IT Manager tidak bisa tidur nyenyak. Di industri perbankan misalnya, seorang IT Manager dituntut untuk dapat menjamin beroperasinya sistem dan aplikasi perbankan secara maksimal. Gangguan terhadap aplikasi di teller atau ATM bisa berdampak serius terhadap transaksi bisnis di hari itu. Namun dalam sistem perkantoran yang biasa, gangguan sistem di malam hari mungkin tidak berdampak serius terhadap perusahaan.

Jenjang Karir IT Manager
Sering juga disebut sebagai “IT Guru”. Di luar negeri, seorang IT manager dituntut untuk mengetahui hampir segala sesuatu mengenai sistem dan aplikasi.

Modal: Lulusan S1 Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau Teknik Informatika, ditambah pengalaman antara 5 hingga 10 tahun.Tentunya diharapkan pengalaman selama ini mencakup pengetahuan akan bahasa pemograman, sistem jaringan, sistem database, troubleshooting, dan people skill.

Gaji per bulan: Sekitar Rp 15 juta.
Peluang saat ini: Masih jarang yang mempekerjakan IT Manager dari luar. Yang umum terjadi adalah para perusahaan mengambil sendiri orang dalam yang telah bekerja cukup lama, dan memiliki banyak pengalaman. Bisa saja ada yang memulai karirnya dari programer, beranjak ke system analyst, lalu naik ke senior analyst, barulah selanjutnya dipromosikan sebagai IT manager.

Prediksi: IT manager belum dianggap sebagai fungsi yang sangat penting dalam perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bahkan banyak yang beranggapan pekerjaannya lebih sedikit atau lebih ringan, padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Batasan job-des untuk para pelaku IT ini di tanah air kita masih belum jelas. Jadi, seorang IT manager harus Tahu semua. Semoga 5-10 tahun ke depan batasan-batasan ini akan lebih jelas.
 
Perbandingan IT Manager di Indonesia dengan negara Amerika Serikat :
 
IT Manager memiliki tugas antara lain :
- Mengawasi semua staff di departemen IT
- Memberikan bimbingan, arahan dan pelatihan kepada karyawan junior terutama pada berbagai tugas yang mungkin sulit mereka lakukan.

- IT manager juga menerapkan sistem keamanan IT dalam organisasi untuk memastikan keamanan data dan sistem IT, mengawasi organisasi sistem WAN, mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan stasiun kerja komputer, mengawasi pelatihan staff untuk memastikan mereka mampu menggunakan software dan hardware komputer secara kompeten, memberikan dukungan dalam mengatasi masalah-masalah komputer, mengawasi penyimpanan yang tepat dari semua data perusahaan dan pengarsipan record dan back up, serta menyediakan dukungan teknis kepada karyawan ahli komputer lain dalam organisasi.

- IT manager berinteraksi dengan klien setiap hari untuk dpat melihat dan memahami masalah IT mereka dan memberikan solusi yang kompeten untuk masalah tersebut. IT manager memastikan sistem berjalan lancar dan efisien dari semua sistem IT dalam organisasi, menjaga informasi karyawan pada perubahan berbagai teknologi yang sedang berlangsung dalam organisasi, berkomunikasi dengan manajemen puncak dalam hal isu-isu terkait IT, serta mengidentifikasi sistem komputer baru dan trend di pasar sehingga status organisasi IT selalu berada pada barisan terdepan.

- IT manager mengorganisasi dan memimpin rapat tim, menjaga timya termotivasi dan membantu mereka untuk memenuhi tujuan perusahaan, memastikan bahwa persyaratan perizinan standar lokal terpenuhi dan dipenuhi, dan hadir dengan anggaran untuk departemen dan mengimplementasikannya.


Norma Asharri
4ka06

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar